Rabu, 26 September 2018

JARINGAN KOMPUTER BESERTA JENISNYA


Jenis Jaringan Komputer.

Jaringan komputer merupakan kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer  yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.


Secara umum jaringan komputer dibagi atas 5 jenis, tetapi saya hanya akan menjelaskan 4 diantaranya, yaitu:


  • ·        PAN (Personal Area Network)

Personal Area Network atau yang biasa kita sebut PAN, merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara computer dengan perangkat lain seperti komputer lain, telepon genggam, ataupun speaker. Jangakuan PAN tidak terlalu luas, mungkin hanya beberapa meter (itulah kenapa PAN disebut personal area network, karena jangkauannya yang tidak luas). Keuntungan menggunakan PAN yaitu, jika ada masalah dengan jaringan komputernya akan lebih mudah diperbaiki sedangkan kelemahannya terletak di jangkauan areanya yang tidak begitu luas.

Image of PAN.

  • ·       LAN (Local Area Network)

Local Area Network atau yang biasa kita sebut LAN, merupakan  jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang memiliki jangkauan seluas beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbps. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Image of LAN.

  • ·       MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau yang biasa kita sebut MAN,  merupakan jenis jaringan komputer yang hampir sama teknologinya seperti LAN tetapi memiliki jangkauan lebih luas daripada LAN. Seperti namanya yaitu Metropolitan yang bisa diartikan kota, jangakuan jaringan MAN dapat mencangkup berkilmeter antar gedung, kampus, atau perusahaan sampai 1 kota. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

Image of MAN.

  • ·        WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network atau yang biasa kita sebut WAN, merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan computer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau juga dapat diidefinisikan sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN ini. Jika Wide Area Network sudah mencakup area intercontinental maka dapat juga disebut sebagai jaringan informasi global atau internet.

Image of WAN.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat!😆

Tidak ada komentar:

Posting Komentar